Menjelajah Nusantara Dengan Tulisan


ide yang menawan

Catetan kecil httsan

Mewarnai Indonesia Mewarnai Indonesia

Kegiatan Blogging untuk Nusantara bukanlah ide baru, saya mencoba menyemangati diri saya dan mencoba mengajak rekan-rekan blogger untuk, setidaknya, mencoba menjelajah Nusantara dengan tulisan. Apa yang dimaksud dengan Menjelajah Nusantara dengan Tulisan seperti judul tulisan ini?

Dalam dunia nyata, menjelajah Nusantara adalah dengan mendatangi lokasi-lokasi tujuan secara fisik. Saya yang orang Bogor secara fisik berada di Palembang, artinya saya sedang mengunjungi ibu kota Sumatera Selatan tersebut. Dalam dunia maya, saat saya menulis blog pribadi dan menceritakan tentang Palembang maka saya berada di-blog tersebut. Artinya adalah orang yang berkunjung ke-blog sayalah yang membaca tulisan saya tentang Palembang. Blog saya bisa berada di alamat pribadi (melalui Blogspot, WordPress, Medium, dan lain-lain), dapat pula berada di penyedia blog komunitas (misalnya Kompasiana, BlogDetik, dan lain-lain).

Para blogger tahu bahwa menulis dialamat pribadi dan dialamat komunitas tentu beda rasanya. Perumpamaannya adalah bagai berjualan di warung depan rumah atau toko di Pasar Anyar misalnya. Jika…

View original post 498 more words

Leave a Reply

