Sedikit Kata


Menulis blog tak punya batasan ajeg. Tak ada ketentuan berapa paragraf untuk menyampaikan suatu kisah. Blog, sederhananya adalah catatan pribadi. Kita bebas menulis dengan gaya dan daya sendiri.

Ada yang menulis panjang lebar tentang satu topik yang menjadi perbincangan media sosial. Ada juga yang singkat, bahkan lebih sedikit dari ketentuan Twitter, 140 karakter.

Nara blog yang biasa menulis dengan catatan kaki, tentu belum merasa “lepas” jika tak menautkan catatan kaki untuk berbagai referensi yang mendukung catatannya. Yang terbiasa menulis apa adanya, boleh jadi akan mandeg ketika diwajibkan menerakan referensi atas catatannya. Jadi, menulislah dengan lepas dan sesuai gaya masing-masing.

Blog adalah representasi dari penganggitnya. Kita tak pantas memaksakan ketentuan versi kita kepada blogger lain. Tetapi kita tetap harus menerima beragam respon pembaca.

Ketika satu tulisan selesai diunggah, menjadi hak pembaca untuk mengomentarinya. Jelek atau bagus, terima saja sebagai pelajaran berharga.

Kita menulis, kitalah yang menanggung risikonya.

Yuk, menulis lagi!

Advertisements

5 thoughts on “Sedikit Kata

  1. Kalimat ini yg saya suka dan pas dgn apa yg saya perbuat dg blog saya pribadi…”Jadi menulislah dgn lepas dan sesuai dgn gaya masing-masing”

    Sip, Kang. Tetap ngeblog ah…

    Salam,

  2. mantap bro, lagian kalo gw menilai bagus nggaknya tulisan itu dari diksinya, bukan format atau gayanya, karena diksi mengandaikan pergulatan dan pemahaman si pengguna ….. 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s