Karyawan Go Blog


Program capacity building di perusahaan biasanya terkait dengan keterampilan mereka dalam meningkatkan kinerja. Ada juga pelatihan yang hanya meningkatkan motivasi dalam bekerja. Perusahaan yang bergerak di bidang marketing, sudah tentu memberikan pelatihan marketing kepada karyawannya agar menjadi marketer handal. Bank Syariah Mandiri agak berbeda.

bsm writing skills (2)

Beda banget karena BSM menyelenggarakan pelatihan menulis buat para karyawannya. Writing Skills Training, namanya. Karyawan diberikan bekal keterampilan menulis secara jurnalistik dan blog. Koq, karyawan malah disarankan ngeblog, sih? Karena di beberapa perusahaan yang pernah kusinggahi, pimpinannya justru kurang suka jika karyawannya ngeblog. Mungkin anggapannya, ngeblog itu kegiatan buang-buang waktu, bahkan tak bermanfaat buat pencapaian target perusahaan.

Writing Skills Training di Makassar yang diselenggarakan di Hotel Horison, 22 Juni 2013 ini merupakan rangkaian kegiatan ketiga. Yang pertama dan kedua diselenggarakan di BSM Thamrin, Jakarta. Dulu kupikir kegiatan ini tak akan berlanjut. Simpel saja, biasanya karyawan tak punya banyak waktu luang buat ngeblog. Apalagi di tengah tren media sosial semacam Twitter, Facebook, Path, Instagram, dan Youtube. Rupanya BSM serius. Amat serius, bahkan!

Bukti keseriusan BSM adalah menghadirkan Nurcholis Basyari, Wakil Pemimpin Redaksi Majalah Warta Ekonomi. Menghadirkan seorang jurnalis adalah bukti keseriusan dalam program pelatihan menulis ini. Sebagaimana yang kusimak pada pelatihan pertama dan kedua di Jakarta, di Makassar ini Pak Nurcholis memberikan dasar-dasar jurnalistik sekaligus hal-hal teknis dalam menulis. Misalnya, tentang penggunaan tanda baca, ejaan, pengutipan, dan hal-hal yang simpel tetapi cukup sulit diterapkan bagi yang tak terbiasa menulis.

bsm writing skills (4)

Kuperhatikan, Pak Gunawan A. Hartoyo, Kepala Kanwil Bank Syariah Mandiri Makassar antusias mengikuti pelatihan sekaligus memotivasi karyawannya saat mengerjakan tugas. Keren!

bsm writing skills (6)

Usai makan siang nanti, para peserta dari BSM Kanwil V Makassar akan mengikuti pelatihan blogging. Dalam kesempatan itulah aku berbagi pengalaman bersama teman-teman baru yang penuh semangat mengikuti kegiatan ini. Salut!

Advertisements

10 thoughts on “Karyawan Go Blog

  1. Bagus nih programnya. Jujur saya juga heran karyawan kok tumben dikasih pelatihan menulis dan ngeblog. Ya karena itu tadi, bagi sebagian besar masyarakat, apalagi karyawan yg notabene sibuk, ngeblog merupakan kegiatan yang tak manfaat 😦

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s